Selasa, 06 September 2022

HEALING (1)

 

Saat healing di salah satu resto Desa Semen Kec. Gandusari

Healing, akhir-akhir ini menjadi sebuah tren. “Mau kemana?” Tanya saya kepada seorang teman. “Healing” Jawabnya. Ternyata yang dimaksud dengan healing adalah jalan-jalan, piknik, rekreasi. Sebenarnya saya sendiri mulai mendengar istilah healing sejak tahun 2006 silam. Salah satu ‘suhu’ saat itu pernah melakukan sebuah program pendampingan penyintas pelanggaran HAM berat masa lalu. Dan pendampingannya adalah trauma healing.

Healing itu apa artinya? Kata healing berasal dari bahasa Inggris yang jika diartikan menurut kamus besar bahasa Inggris terjemahan Indonesia mengacu pada arti penyembuhan. Lingkup penyembuhan dari kata healing sendiri sebenarnya cukup besar. Arti healing juga dapat dikaitkan dengan penyembuhan jiwa, perasaan, batin, maupun pikiran.

Dulu seingat saya Trauma healing adalah suatu proses memulihkan emosi korban dari ketakutan di masa lalu. Dengan cara ini, mereka bisa bertahan hidup kembali tanpa bayang-bayang masa lalu. Dalam proses trauma healing tidak semudah apa kata teori dalam buku. Karena tentu saja proses trauma healing itu butuh waktu puluhan tahun.

Kembali lagi ke healing. Apakah healing itu jalan-jalan? Sebenarnya, healing itu tidak sesimpel pergi jalan-jalan, melepaskan diri dari tanggung jawab, dan pergi dengan mencari kesenangan. Meski begitu, banyak orang yang mengartikan 'healing' sebagai waktunya staycation atau bersenang-senang bersama teman.

Sebelum istilah healing popular dengan jalan-jalan. Dulu pada zaman sebelum saya terlahir di dunia ini, istilah jalan-jalan lebih dikenal dengan piknik. Maka tak heran jika ada lagu yang berliran klasik judulnya “piknik 70an”. Karena memang istilah piknik sangat popular pada zamannya.

Karena bumi berputar waktupun juga berputar. Bisa dikatakan saya adalah generasi 80an. Memasuki tahun 90an istilah piknik berubah menjadi rekreasi. Saya masih ingat dulu saat sekolah yang paling di tunggu-tunggu adalah saat rekreasi. Sebenarnya kalau boleh jujur karena memang sangat jarang sekali bahkan minim untuk bisa jalan-jalan. Tidak seperti zaman sekarang, mau rekreasi tinggal pilih waktunya.

Namun, belakangan istilah tersebut ramai dan tren di medsos. Pernah juga saya saat buka facebook dan Instagram dalam teman di medsos uploud foto saat ke suatu tempat yang indah. Caption dibawahnya adalah *healingtime. Lalu apa yang dimaksud healing time? Secara bahasa, healing bermakna menyehatkan atau menyembuhkan. Maka, bisa dibilang healing time adalah waktu untuk menyembuhkan diri.

Menyembuhkan diri dari apa? Bisa saja baru saja broken heart karena putus cinta seperti salah satu pembaca tulisan ini. Atau mungkin baru jatuh kepalanya terbentur pagar bajanya Ultramen. Tapi biasanya yang untuk menutupi itu semua menyembuhkan diri dari beban pikiran pekerjaan yang terlalu berat.

Pertanyaan berikutnya, kapan harus healing? Kapan kita membutuhkan healing? healing diperlukan ketika ada luka batin yang besar, signifikan, kuat, dan sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Berarti benar apa yang saya tuliskan di paragraf sebelumnya ketika pas broken heart karena lagi ada tekanan batin kuat, dan signifikan. Tetapi kalau seperti ini bagi jomblo haruslah healing setiap hari karena setiap hari tekanan batin. Apalagi kalua hari raya, jauh lebih besar.

 

Blitar, 9 Agustus 2022